Nyamuk seperti ini, berbahaya.. dan bisa mengakibatkan MD.
Amurang, Swarasuluttv-Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Minahasa Selatan, tergolong serius. Buktinya sejak Tahun 2018 hingga 2020, kasus DBD yang mengakibatkan penderita Meninggal Dunia tercatat lima orang.
Nah, berangkat dari Data di Dinas Kesehatan Minsel, tahun 2018 tercatat 124 kasus, dan dua diantaranya meninggal dunia. Yakni satu di Kecamatan Motoling dan satunya lagi di Kecamatan Amurang Barat.
Selanjutnya pada Tahun 2019 tercatat 208 kasus dan dua diantaranya meninggal dunia, yakni satu di Kecamatan Tumpaan dan satunya lagi di Kecamatan Motoling Barat. Dan kemudian kasus 2020, bulan Januari terdapat 57 kasus dan satu diantaranya meninggal dunia, yakni di Kecamatan Amurang Barat.
Nyamuk seperti ini, berbahaya.. dan bisa mengakibatkan MD.
Saat dihubungi wartawan media ini, Kepala Dinas Kesehatan dr Erwin Scouthen melalui Pengelola Data Imelda Wuisan Rabu (5/2/2020) baru baru ini,  menjelaskan bahwa para penderita DBD tersebut dirawat di Rumah Sakit Balai Keselamatan Amurang, Rumah sakit GMIM Kalooran Amurang.
“Ada penderita yang dibawa ke Manado di Rumah Sakit Prof Kandou Malalayang,” kata dia.
Dia mengatakan masyarakat harus menjaga kesehatan lingkungan tempat tinggal. Cara yang paling tepat dalam memutus rantai DBD dengan 3M Plus.
“Yakni menutup, mengubur dan mendaur ulang. Serta plusnya memakai losyen anti nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk seperti lavender dan serei,” kata dia.
Disentil soal program Fogging, Wuisan menjelaskan bahwa mekanisme Fogging tersebut, hanya akan membunuh nyamuk-nyamuk Dewasa, bukan membunuh Jentik.
Fogging hanya akan membunuh nyamuk-nyamuk dewasa dan bukan membunuh jentik nyamuk. Malahan jentik nyamuk akan menjadi resisten dengan asap fogging.
“Juga asap fogging berdampak pada kesehatan tubuh manusia dan bisa menyebakan kanker. Jadi utamanya untuk melawan DBD harus menjaga kesehatan lingkungan,” kata Wuisan.(kuncinya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here