Kios Pasar Desa Tinanian.
Tenga, Swarasuluttv-Sekitar 200-an kepala keluarga di Desa Pakuure Tinanian, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), nampaknya bisa menikmati pasar yang nyaman dan representatif berkat kucuran dana desa (Dandes) mata anggaran tahun 2019.
Nah, Pasar desa yang nemiliki luar 80 meter persegi ini, nyaris samai pasar pasar konvensional lainnya, Minsel ini. Terpantau ada deretan kios, lapak  daging dan lapak sayur, dll.
Seperti diketahui, Anggaran yang bersumber Dandes tahap 3 tahun 2019, yang terserap untuk pembangunan pasar ini, sekira Rp 171.776.500. Ditemui wartawan media ini,  Hukum tua Desa Pakuure Tinanian Venly Lumintang melalui Sekretaris Desa Ronald Sumual mengatakan pasar ini mendapat respon positif dari masyarakat.
Proyek Drainase.
“Semoga pasar ini bisa menunjang ekonomi dan aktivitas masyarakat,” ujar dia.
Kata Ronald Sumual dandes tahap ketiga ini digunakan juga untuk membangun talud. “Anggaran membangun talud sebesar Rp 77.973.500, panjangnya mencapai 24 meter,” ujarnya.
Tak hanya itu dandes itu juga dibangun drainase dan platduicker. Total anggaran dua fasilitas ini sebesar Rp 48 juta lebih.
Kios Pasar Desa Tinanian.
Pemerintah desa juga mengucapkan terima kasih kepada warga yang sudah bergotong royong membangun pasar desa. Ada juga warga yang merelakan tanahnya untuk dibaungun drainase dan platduicker.
Papan proyek..
“Dandes ini bermanfaat sekali bagi masyarakat. Untuk dandes 2020 kami akan gunakan untuk membagun jalan desa yang masih rusak,” kuncinya. (Dolvie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here