Kantor Pengadilan Agama Amurang.

Amurang, Swarasuluttv-Angka Perceraian di Kabupaten Minahasa Selatan ini, terbilang cukup tinggi. Hal ini dipicu oleh beberapa hal, diantaranya masalah ekonomi, dan perselingkuhan. Ada fakta mengejutkan yang berhasil dirangkum wartawan media ini, beberapa waktu lalu.
Media Sosial sebagai wadah untuk bersosialisasi bagi warga di era Milenial ini, ternyata disalahgunakan. Ada yang menggunakan sebagai sarana untuk menghilangkan stress, namun adapula yang mencari kesenangan seksualitas.
Menurut pengakuan dari salah satu pasangan yang bercerai usai sidang di Pengadilan dua pekan lalu, bahwa gugatan cerai yang diajukannya di Pengadilan, lantaran suaminya telah berselingkuh dengan wanita lain. ” Bagaimana kita pe keluarga ini, mo bertahan lama kalu kita pe laki (Suami) so ada perempuan lain, hubungan jadi najis,” ungkap wanita berparas cantik ini usai diwawancara di muka PN Amurang, yang enggan namanya dimediakan ini.
Ditanya soal pemicu perselingkuhan tersebut, dia hanya mengatakan bahwa pertemuan suaminya dengan wanita lain, yakni di Media Sosial (Facebook). ” Awalnya cuma like like tu status, tapi lama-lama dorang so jaling hubungan, trus nentauleh,” kata wanita yang memiliki ekonomi yang mumpuni ini. Ketua PN Amurang saat akan dikonfirmasi, hingga berita ini diturunkan tidak berhasil ditemui.

sementara itu Ketua Pengadilan Agama Amurang Nur Amin SH MH, melalui Panitera Pengadilan Agama, Muhammad Muchtar Lutfi SH, saat dimintai tanggapannya, mengakui bahwa perceraian di era sekarang, kebanyakan dipicu oleh Media Sosial. ” Iya masalah Perceraian itu banyak faktor, masalah ekonomi, ketidakcocokan dan yang paling sering sekarang adalah masalah Media Sosial,” ujar Lutfi.
Ditanya soal upaya pencegahan untuk masalah ini, dia mengatakan bahwa Pengadilan Agama tidak memiliki wewenang untuk hal itu. ” Wewenang itu ada pada Kementerian Agama, mereka memberikan Bimbingan, dan wewenang kita, tidak masuk pada rana pencegahan,” tutupnya.(dolvie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here