Personel Keswan Dispertak Provinsi sedang melakukan pengambilan sampel.

Amurang, Swarasuluttv-Menyusul dugaan Virus Avian Influenza (AI) atau Flu Burung yang menyerang puluhan ternak Ayam di Kelurahan Ranomea, Kecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan, beberapa waktu lalu tersebut, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertak) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), nampaknya tak tinggal diam. Buktinya Kamis (18/07) Tim Kesehatan Hewan Provinsi Sulut, yang dipimpin drh Hanna Tioho, bertandang ke Kelurahan Ranomea.

Personel Keswan Dispertak Provinsi sedang melakukan pengambilan sampel.

“Iya kami mendapat laporan dari Dinas Pertanian Kabupaten Minsel, bahwa ada kasus wabah Virus yang menyerang ternak Ayam. Maka dasar itu, tim Keswan Provinsi dating kesini. Kami didampingi personel Dinas Pertanian Kabupaten,” ujar drh Hanna Tioho.
Tim Keswan Provinsi.

Lanjut dia, pihaknya telah mengambil sampel darah, Lendir serta terhadap beberapa ekor ayam di lokasi peternakan milik warga. “ Memang dugaan awal, Saya prediksi ini Virus Avian Influenza atau Flu Burung , namun keterangan pastinya, kita tunggu hasil pemeriksaan Laboratorium,” kata Hanna.
Dia juga mengatakan bahwa sejarah kasus Flu Burung di Sulawesi Utara, pada tahun 2006 yang lalu ditemukan di Desa Rumoong Bawah Kabupaten Minsel. “Awalnya di Minsel ini kasus Flu Burungnya. Baru kemudian tersebar ke beberapa daerah Kabupaten/Kota,” kata dia.
Dengan demikian ujarnya jika ada kasus seperti ini, kandang harus di semprot dengan disinfektan. “ Kandang juga harus bersih, “ kuncinya. (dolvie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here