Tersangka saat ditangkap Timsus Patokan Polres.
Amurang, Swarasuluttv- Nampaknya Wilayah laut Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Provinsi Sulawesi Utara, dianggap tidak aman lagi, bagaimana tidak Jumat (26/10/2018) baru-baru ini, Kapal Pengangkut Barang Milik PT Cargill Amurang dibajak oleh sekelompok penjahat kemudian menyandera awak Kapal tersebut, satu Miliar ikut dirampok.
Tersangka saat ditangkap Timsus Patokan Polres.
Kejadian bermula, dari pihak manajemen PT Cargill Amurang yang menerima ancaman langsung, tak menunggu lama pihaknya menghubungi pihak kepolisian, Polres Minahasa Selatan. Tak itung tiga laporan tersebut, langsung ditindak lanjuti. Timsus Patola yang dikomandani Ipda Derly Lumatau diperintahkan Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo Sik diturunkan.
Nah, upaya pembebasan sandera pun segera dilakukan dengan berkoordinasi dengan pihak TNI AL serta KPLP (Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai) Amurang.
Tak berselang lama operasi pembebasan pembajakan kapal akhirnya berhasil dilaksanakan. 3 (tiga) penjahat menyatakan menyerahkan diri, sementara seorang lagi dilumpuhkan karena melawan petugas saat hendak diamankan. Uang tunai milayaran rupiah milik perusahan pun berhasil diselamatkan.
Aksi heroik yang dilakukan oleh Tim Khusus Patola Polres Minsel ini tersaji dalam kegiatan simulasi pembebasan pembajakan kapal serta operasi pembebasan sandera yang digelar Jumat pagi (26/10/2018), di pelabuhan PT Cargill Amurang.
“Kegiatan simulasi yang  diselenggarakan oleh PT Cargill Amurang bekerjasama dengan Polres Minahasa Selatan dan TNI AL serta KPLP. Simulasi ini sebagai latihan alur komunikasi status kontijensi dalam kaitan penanganan penyelamatan pembajakan kapal,” ungkap Kapolres Minsel AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK.
Hadir dalam latihan simulasi ini segenap managemen PT Cargill, sejumlah perwira Polres Minahasa Selatan, personil TNI AL, KPLP Amurang, serta sejumlah wartawan media TV, cetak dan online. “Simulasi ini juga bertujuan untuk menciptakan kesiapsiagaan personil Polres Minsel dalam menangani situasi yang bersifat kontijensi,” tambah Kapolres. (Dolvie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here